Program Bedah Rumah Presiden Jokowi Sentuh 1.583 Unit RTLH Mukomuko

Senin 13-03-2023,19:14 WIB
Reporter : Ibnu Rusdi
Editor : Ibnu Rusdi

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Bantuan bedah rumah atau renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) program pemerintah di era pemerintahan Presiden Ir. Joko Widodo telah menyentuh 1.583 unit rumah warga di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. 

Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Rakyat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Mukomuko, Erik Mendiho, ST kepada radarmukomuko.com, Senin, 13 Maret 2023. 

‘’Program renovasi RTLH ini, untuk di Kabupaten Mukomuko telah berlangsung sejak 2018 lalu. Hingga 2022 ini, jumlah rumah warga yang telah tertangani program sebanyak 1.583 unit,’’ ungkapnya. 

BACA JUGA:Mukomuko Usulkan Renovasi 8.575 Rumah Tidak Layak Huni

Kendati demikian, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mukomuko masih sangat membutuhkan sentuhan program tersebut. Karena masih banyak rumah warga di daerah ini yang masuk dalam kategori tidak layak huni. 

Dijelaskan Erik Mendiho, data terakhir pada 2022 lalu, masih terdapat 8.575 unit rumah warga di Kabupaten Mukomuko masuk dalam kategori tidak layak huni.

‘’Program renovasi rumah tidak layak huni ini, manfaatnya dirasakan langsung masyarakat. Dan ini sangat diharapkan terus berlanjut, karena masih sangat banyak rumah warga yang tidak layak huni,’’ imbuhnya. 

Dijelaskan Erik Mendiho, dari total 1583 unit RTLH tersebut, 1533 unit mendapat sentuhan program bedah rumah atau renovasi. Kemudian, 50 unit lagi, kegiatan bangun baru. 

BACA JUGA:Aparat Diminta Sediakan Timbangan Portabel Awasi Truk ODOL di Mukomuko

‘’Program renovasi rumah ini tersebar di 15 wilayah kecamatan di Kabupaten Mukomuko. Namun untuk kegiatan bangun baru, jumlahnya masih sedikit dan masih menyentuh beberapa desa saja,’’ paparnya. 

Secara rinci, 50 unit RTLH bangun baru tersebut, 5 unit dilaksanakan di Desa Setia Budi dan 5 unit di Desa Talang Kuning Kecamatan Teras Terunjam. Kemudian, 5 unit di Desa Dusun Baru V Koto dan 6 unit di Desa Sari Bulan Kecamatan Air Dikit. Selanjutnya, Desa Lubuk Bangko 17 unit dan 12 unit di Desa Pondok Baru Kecamatan Selagan Raya. *

Kategori :