UMKM Mukomuko Diajari Teknik Marketing Digital

Senin 24-10-2022,16:49 WIB
Reporter : Ibnu Rusdi

Sekaligus Packaging Produk, Branding dan Manajemen Keuangan 

RADARMUKOMUKO.COM – Sebanyak 60 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Mukomuko, dilatih teknik marketing digital (online), packaging dan branding produk serta manajemen keuangan usaha. 

Kegiatan ini bagian dari pendidikan dan pelatihan untuk mengasah pengetahuan, pemahaman serta peningkatan kapasistas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku UMKM di Kabupaten Mukomuko. 

Diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Mukomuko di Hotel Bumi Batuah, Kelurahan Bandar Ratu, Mukomuko selama enam hari kedepan.   

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Mukomuko, Ruri Irwandi, ST., MT mengungkapkan, pelatihan bagi pelaku UMKM dibagi dalam dua sesi. 

Untuk sesi pertama, khusus untuk 30 orang pelaku UMKM bidang kuliner. Kata Ruri, mereka dilatih selama 3 hari, terhitung Senin hingga Rabu (24-26/10). Sesi kedua, Kamis hingga Sabtu (27-29/10), untuk 30 orang pelaku Industri Kecil Menengah (IKM), mulai dari bidang kerajinan, kriya dan lainnya. 

‘’Para pelaku UMKM di Kabupaten Mukomuko ini dilatih melibatkan instruktur dari Balai Diklat Provinsi Sumatera Barat. Pelaksanaan pelatihan dimulai tanggal 24 hingga 29 Oktober nanti,’’ kata Ruri, usai pembukaan, Senin (24/10). 

Pelatihan bagi pelaku UMKM terpusat di aula Hotel Bumi Batuah, Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko. Hari pertama pelaksanaan, pembukaan secara resmi oleh Asisten Bidang Pemerintahan Umum Setdakab Mukomuko, Edi Kasman, SH. 

Dijelaskan Ruri, pada pelatihan ini difokuskan pada materi terkait packaging produk, teknik pemasaran produk secara online dan manajemen keuangan. 

‘’Ini sesuai dengan tema kegiatan, strategi branding dan pemasaran online bagi UMKM,’’ imbuhnya. 

Tujuan pelatihan dan pendidikan bagi pelaku UMKM, kata Ruri, agar kedepan pelaku usaha dapat meningkatkan kapasistas dan kompetensi SDM, sehingga keberadaan usahanya bisa tumbuh maju dan berkembang. 

‘’Ketika mereka dilatih teknik pemasaran secara online, kedepan jangkauan pemasaran produk dapat menjangkau konsumen secara luas,’’ ujarnya. 

Tak kalah penting, melalui pelatihan ini pelaku UMKM dapat menambah wawasan pengetahuan dalam hal memilih branding produk yang tepat, sehingga dapat menambah daya tarik tersendiri. Selain itu, pada pelaku UMKM juga dilatih teknik marketing, sehingga lebih mudah memasarkan hasil produk mereka di kemudian hari. 

Dalam mengembangkan dunia usaha, antara kualitas produk, branding, manajemen marketing dan manajemen keuangan diibaratkan setali tiga uang.  

Kategori :