Desain Rumah Adat Mukomuko, Muslim: Sebaiknya Disayembara

Rabu 19-05-2021,18:33 WIB
Reporter : Radar Mukomuko
Editor : Radar Mukomuko

MUKOMUKO - Fraktisi Hukum Tata Negara, Muslim Caniago, SH, MH turut mencermati rencana pembangunan Rumah Adat Mukomuko di lahan eks Mapolsek Mukomuko Utara, tepatnya seputaran Lapangan Merdeka, Kelurahan Pasar Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko.

Menurut Muslim, arah pembangunan sebuah rumah adat tentu harus memiliki patokan yang jelas dan terukur. Literatur desain sebuah rumah adat tentu memiliki ciri khas dan nilai seni budaya daerah.

Sebuah hal menarik, rumah adat yang direncanakan bakal dibangun akan melekatkan nama daerah Mukomuko. Seperti diketahui, Kabupaten Mukomuko terdiri dari masyarakat yang majemuk. Multi etnis. Memiliki adat budaya daerah yang beragam. Tentunya, untuk melangsungkan niat baik membangun tempat berhimpun masyarakat adat, sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya menyiapkan payung sebelum hujan. Cermat dan kehati-hatian sebuah hal penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan.

''Prinsipnya, saya sepakat Mukomuko memiliki sebuah bangunan rumah adat yang nantinya menjadi kebanggaan daerah. Namun perlu kita fikirkan, rumah adat yang direncanakan dibangun harus jelas arahnya. Sebab Mukomuko terdiri dari multi etnis. Berbicara etnis, masing-masing kelompok memiliki adat budaya yang berbeda-beda,'' ungkap Muslim.

Patut dihormati ketika kelangsungan rencana pembangunan rumah adat diputuskan melalui forum musyawarah mufakat. Namun kata Muslim, berkaitan dengan miniatur desain rumah adat yang bakal dibangun, mesti perlu dipertimbangkan. Untuk mencapai kepuasan bentuk dan kualitas bangunan, tak cukup hanya mengandalkan keputusan musyawarah. Ia menyarankan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko juga memfasilitasi mengambil langkah lain.

''Hemat saya, berkaitan rencana desain rumah adat, baiknya disayembara. Tiada salahnya untuk mencapai predikat kualitas sebuah bangunan diambil dari hasil sayembara. Banyak bangunan-bangunan pemerintah dan rumah-rumah ibadah untuk desain miniaturnya diambil dari karya pemenang sayembara. Tak perlu jauh-jauh, batik khas Mukomuko juga disayembarakan,'' ulasnya. (nek)

Tags :
Kategori :

Terkait