Rancangan Corak Rumah Adat Mukomuko di APBD-P 2021

Minggu 16-05-2021,18:15 WIB
Reporter : Radar Mukomuko
Editor : Radar Mukomuko

MUKOMUKO - Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Mukomuko, optimis Mukomuko bakal memiliki rumah adat kebanggaan daerah di tahun 2022.

Optimisme BMA, seiring hasil koordinasi dengan eksekutif dan legislatif. Dua lembaga pemerintahan di daerah tersebut, sepakat rencana pembangunan rumah adat masuk dalam bagian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mukomuko.

Begitu disampaikan Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Mukomuko, H. Bismarifni, SH, kepada radarmukomuko.rakyatbengkulu.com baru-baru ini.

Menyongsong rencana pembangunan rumah adat. Kata Bismarifni, pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2021 mendatang, bakal dialokasikan sejumlah dana untuk kegiatan line claring (pematangan lahan) dan biaya perencanaan. Sementara, untuk kegiatan fisik bakal dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022.

''Untuk fisik, dilaksanakan di tahun 2022. Ini hasil koordinasi kami dengan Bupati Mukomuko dan Ketua DPRD Mukomuko. Dari keterangan Ketua DPRD, M. Ali Saftaini, setidaknya untuk fisik akan dialokasikan dana sekitar Rp 2 miliar. Sementara untuk line claring dan perencanaan, eksekutif dan legislatif berencana mengalokasikan dana di APBD perubahan nanti. Kami tentunya menunggu dan sangat optimis pembangunan itu dapat terwujud,'' ungkap Bismarifni.

Berkaitan dengan lokasi pembangunan rumah adat, hingga saat ini belum ada perubahan. Kata Bismarifni, soal lokasi masih berpedoman pada hasil ketetapan musyawarah beberapa waktu lalu. Diakuinya, berkaitan dengan corak, bentuk gambar rumah adat masih diperbincangkan. Sesuai target, sebelum kegiatan perencanaan dimulai, corak dan bentuk rumah adat sebagai dasar penyusunan perencanaan sudah tergambar.

''Untuk lokasi pembangunan, masih berpegang pada keputusan musyawarah tempo hari. Posisi rumah adat yang bakal dibangun di eks lahan Mapolsek Mukomuko Utara di kawasan Bundaran Merdeka, Kelurahan Pasar Mukomuko. Berkaitan dengan bentuk rumah adat yang bakal dibangun, masih dalam rencana perundingan. Harapan kami, sebelum perencanaan dimulai, corak rumah adat yang dimaksudkan sudah tergambar,'' demikian Bismarifni. (nek)

Tags :
Kategori :

Terkait